Pengertian Sistem Adalah: Tujuan, Unsur, Karakteristik, dan Jenis

Daftar Isi

Pengertian Sistem

Sistem berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) adalah sekumpulan unsur atau elemen yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi dalam melakukan kegiatan bersama untuk mencapai suatu tujuan. Adapun pengertian sistem adalah sebagai berikut :

  1. Pengertian sistem menurut R. Fagen dan A.Hall Fagen Dan A.HAll menyatakan bahwa pengertian sistem adalah suatu kumpulan objek yang meliputi hubungan antara objek tersebut atau Understanding of the system is a set of objects, which includes the relationship between the objeck, serta hubungan antara sifat yang mereka punya (the relationship between their properties).
  2. Sistem menurut Poerwadinanta adalah sekelompok bagian- bagian (alat dan sebagainya), yang bekerja bersama-sama untuk melakukan sesuatu maksud.
  3. Rudy Tantra einbart, sistem adalah suatu rangkaian yang terdiri dari dua atau lebih komponen yang saling berhubungan dan saling berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuan dimana sistem biasa nya terbagi dalam sub system yang lebih kecil yang mendukung system yang lebih besar.
  4. Menurut Mulyadi Sistem pada dasarnya adalah sekelompok unsur yang erat berhubungan satu dengan lainnya, yang berfungsi bersamasama untuk mencapai tujuan tertentu
  5. Pengertian Sistem menurut Arifin Rahman Arifin rahman mengatakan bahwa Sistem dalam kamus Webster New Collegiate Dictionary menyatakan bahwa kata “syn” dan “Histanai” berasal dari bahasa Yunani, artinya menempatkan bersama. Sehingga menurut Arifin Rahman bahwa
  6. Pengertian Sistem adalah sekumpulan beberapa pendapat (Collection of opinions), prinsip-prinsip, dan lain-lain yang telah membentuk satu kesatuan yang saling berhubungan antar satu sama lain.
  7. Menurut Stephen A. Moscove dan Mark G. Simskin: “Suatu sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri dari interaksi subsistem yang berusaha untuk mencapai tujuan (goal) yang sama.”
  8. Menurut Gelinas dan Dull, Sistem merupakan seperangkat elemen yang saling bergantung yang bersama-sama mencapai tujuan tertentu. Dimana sistem harus memiliki organisasi, hubungan timbal balik, integrasi dan tujuan pokok.
  9. Menurut John F. Nash dan Martin B. Roberts: Suatu sistem adalah sebagai suatu kumpulan komponen yang berinteraksi membentuk suatu kesatuan dan keutuhan yang kompleks di dalam tingkat tertentu untuk mengejar tujuan yang umum.”
  10. Menurut James O. Hicks, Jr dan Wayne E. Leininger: “Suatu sistem adalah sebagai kumpulan interaksi dari komponen–komponen yang beroperasi di dalam suatu batas sistem. Batas sistem akan menyaring tipe dan tingkat arus dari input serta output di antara sistem dengan lingkungannya.”
  11. Pengertian Sistem Menurut Ludwig Von Bertallanffy Ludwig Von Bertallanffy menyatakan bahwa pengertian sistem adalah suatu kumpulan unsur yang berada pada kondisi yang saling berinteraksi.
  12. Yakub dalam bukunya yang berjudul Pengantar Sistem Informasi, sistem adalah sekelompok elemen-elemen yang terintegrasi dengan tujuan yang sama. Sistem juga merupakan suatu jaringan kerja dari prosedur- prosedur yang saling berhubungan, terkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau tujuan tertentu.
  13. Mohamad Subhan dalam bukunya yang berjudul Analisa Perancangan Sistem, sistem dapat diartikan sebagai suatu kumpulan atau himpunan dari unsur, komponen, atau variable-variabel yang terorganisasi, saling berinteraksi, saling tergantung satu sama lain dan terpadu. Sistem juga merupakan kumpulan elemen-elemen saling terkait dan bekerja sama untuk memproses masukan (input) yang ditujukan kepada system tersebut dan mengolah masukan tersebut sampai menghasilkan keluaran (output) yang diinginkan

Unsur-unsur Sistem

Unsur-unsur Sistem Untuk dapat mengetahui apakah segala sesuatu itu bisa dianggap sistem maka mesti mencakup lima unsur utama yakni sebagai berikut.

  1. Terdapat sesuatu yang mengikat unsur-unsur tersebut menjadi suatu satu kesatuan.
  2. Adanya kumpulan objek
  3. Terdapat tujuan bersama sebagai hasil akhirnya.
  4. Adanya hubungan atau interaksi antara unsur-unsur atau elemen-elemen.
  5. Berada pada suatu lingkungan yang utuh dan kompleks.

Karakteristik Sistem

Menurut Agus Mulyanto dalam bukunya Sistem Informasi Konsep dan Aplikasi, karakteristik sistem antara lain :

Mempunyai Output (Keluaran) Keluaran merupakan hasil dari pemrosesan. Keluaran dapat berupa informasi sebagai masukan pada sistem lain atau hanya sebagai sisa pembuangan.

  1. Mempunyai Komponen Sistem Suatu sistem tidak berada dalam lingkungan yang kosong, tetapi sebuah sistem berada dan berfungsi di dalam lingkungan yang berisi sistem lainnya. Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, bekerja sama membentuk satu kesatuan. Apabila suatu sistem merupakan salah satu dari komponen sistem lain yang lebih besar, maka akan disebut dengan subsistem , sedangkan sistem yang lebih besar tersebut adalah lingkungannya.
  2. Mempunyai Batasan Sistem Batas sistem merupakan pembatas atau pemisah antara suatu sistem dengan sistem yang lainnya atau dengan lingkungan luarnya.
  3. Mempunyai Penghubung Penghubung (interface) merupakan media penghubung antara satu subsistem dengan subsistem yang lainnya. Penghubung inilah yang akan menjadi media yang digunakan data dari masukan (input) hingga keluaran (output). Dengan adanya penghubung, suatu subsistem dapat berinteraksi dan berintegrasi dengan subsistem yang lain membentuk satu kesatuan.
  4. Mempunyai Environment (Lingkungan) Lingkungan luar adalah apa pun di luar batas dari sistem yang dapat mempengaruhi operasi sistem, baik pengaruh yang menguntungkan ataupun yang merugikan. Pengaruh yang menguntungkan ini tentunya harus dijaga sehingga akan mendukung kelangsungan operasi sebuah sistem. Sedangkan lingkungan yang merugikan harus ditahan dan dikendalikan agar tidak mengganggu kelangsungan sebuah sistem.
  5. Mempunyai Input (Masukan) Masukan atau input merupakan energi yang dimasukan ke dalam sistem. Masukan dapat berupa masukan perawatan (maintenance input), yaitu bahan yang dimasukkan agar sistem tersebut dapat beroperasi dan masukan sinyal (signal input), yaitu masukan yang diproses untuk mendapatkan keluaran.
  6. Mempunyai Feed Back (Umpan Balik) Umpan balik diperlukan oleh bagian kendali sistem untuk mengecek terjadinya penyimpangan proses dalam sistem dan mengembalikannya ke dalam kondisi normal.
  7. Mempunyai Processing (Pengolahan) Pengolahan merupakan bagian yang melakukan perubahan dari masukan untuk menjadi keluaran yang diinginkan.
  8. Mempunyai Sasaran dan Tujuan Suatu sistem pasti memiliki sasaran (objective) atau tujuan (goal). Apabila sistem tidak mempunyai sasaran, maka operasi sistem tidak akan ada gunanya. Tujuan inilah yang mengarahkan suatu sistem. Tanpa adanya tujuan, sistem menjadi tidak terarah dan terkendali.

Jenis-Jenis Sistem

Menurut Mulyani ada lima jenis sistem yaitu Transaction Processing System (TPS), Management Information System (MIS), Virtual Office System, Decision Support System (DSS) dan Enterprise Resource Planning (ERP) System.

  1. Transaction Processing System (TPS) Transaction Processing System adalah sebuah sistem komputer yang dirancang untuk mengolah transaksi yang tidak hanya terbatas pada database atau file system namun juga melakukan pengolahan beberapa operasi transaksi dimana semua transaksi harus berhasil atau semua transaksi harus dibatalkan. Sebagai contoh adalah pengolahan data transaksi bank yang melayani nasabah hampir diseluruh Indonesia.
  2. Virtual Office System Virtual Office System merupakan pengembangan dari Office Automation System yaitu mesin komputer (hardware) dan software yang digunakan untuk membuat, mengumpulkanm menyimpan, memanipulasi dan menyebarkan informasi untuk kebutuhan perkantoran (perusahaan) secara digital untuk mengerjakan tugas-tugas perusahaan guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan
  3. Management Information System (MIS) Management Information System adalah sebuah sistem yang sudah terkomputerisasi yang melakukan pengolahan data agar bisa digunakan oleh orang yang membutuhkannya.
  4. Decision Support System (DSS) Decision Support System merupakan sebuah sistem yang membantu seorang manajer atau sekelompok kecil manajer untuk memecahkan sebuah permasalahan
  5. Enterprise Resource Planning (ERP) System Enterprise Resource Planning System adalah sistem yang terkomputerisasi yang melibatkan seluruh resource manajemen dalam sebuah perusahaan

Tujuan Sistem

Tujuan sistem dalam menghubungkan berbagai bagian dari sistem tersebut. Meskipun tiap bagian berfungsi secara independen dari yang lainnya, semua bagian tersebut melakukan tujuan yang sama. Selain itu tujuan sistem harus fokus, karena tujuan sistem akan mempengaruhi batasan, komponen sistem dan hubungan kerja dari sistem tersebut

© 2019 , hukum - All rights reserved.